img

6 CARA MEMBERSIHKAN TALENAN KAYU SUPAYA TIDAK JAMURAN

Kamu atau ibumu biasa memakai talenan bahan kayu atau plastik untuk memotong bahan makanan atau daging? Baik talenan dari kayu atau plastik, kedua talenan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk talenan plastik memang mudah dibersihkan dan cepat kering saat terkena air. Namun talenan ini bisa dengan mudah terkelupas ketika digunakan. Jika serpihan plastik tercampur dengan makanan, plastik tersebut sulit terurai di dalam perut.

Cara Membersihkan Talenan Kayu Yang Baik

Dibandingkan talenan plastik, talenan kayu memang memiliki banyak kelebihan. Sayangnya, talenan kayu membutuhkan perawatan ekstra. Sebab talenan kayu tidak mudah kering ketika dicuci. Saat lembap, talenan kayu bisa berjamur dan mendatangkan banyak bakteri.

Namun tidak perlu khawatir. Jika sering membersihkan talenan kayu dengan beberapa cara berikut. Jamur dan bakteri tentu akan enggan singgah.

  • Mencuci talenan setelah digunakan

Setelah menggunakan telenan kayu untuk memotong bahan makanan. Segera saja bersihkan talenan kayu dengan menggunakan sabun. Hal ini akan membantu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri. Setelah talenan kayu digosok menggunakan sabun, segera bilas talenan di bawah air mengalir. Dengan begitu tidak ada sabun yang tersisa. Jangan merendam talenan.

  • Menggosok talenan kayu dengan garam kasar dan direndam air panas

Untuk cara selanjutnya bisa menggosok permukaan talenan yang digunakan dengan garam kasar sampai bersih. Selanjutnya rendam di air hangat sambil digosok menggunakan spons lembut. Kandungan garam bisa membuat sisa daging dan sayuran yang tertinggal mengelupas dari permukaan talenan kayu. Sebaiknya dibilas di bawah air mengalir.

  • Merendam dengan air cuka

Kamu bisa menggunakan larutan cuka untuk membersihkan talenan kayu yang sudah kotor. Rendamlah talenan kayu selama beberapa menit di dalam larutan cuka untuk merontokkan kotoran. Air cuka ini tidak hanya bisa menghilangkan kotoran, tetapi juga menghilangkan aroma tidak sedap. Setelahnya bisa dibilas dibawah air mengalir dan keringkan terlebih dahulu sebelum disimpan.

  • Gosok dengan menggunakan potongan lemon dan garam

Siapkan satu buah lemon, potong menjadi dua bagian. Selanjutnya permukaan talenan kayu ditaburi dengan garam kasar. Kemudian gunakan potongan lemon untuk menggosok permukaan talenan tersebut. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Jika sudah, jangan langsung disimpan. Tetapi dikeringkan terlebih dahulu dibawah sinar matahari supaya tidak lembap atau tumbuh jamur.

  • Gunakan pasta dari campuran soda kue, garam dan air

Bersihkan talenan kayu dengan menggunakan campuran pasta pembersih yang bisa dibuat sendiri. Untuk pasta ini dari campuran soda kue, garam dan air. Masing-masing ambil 1 sendok makan saja. Jika bahan pasta sudah dibuat, maka oleskan merata diatas papan yang akan dibersihkan. Diamkan selama beberapa saat, kemudian gosok sedikit demi sedikit sampai kotorannya rontok. Setelah itu bersihkan dan keringkan.

  • Pakai cuka dan hidrogen peroksida

Siapkan dua tisu atau handuk kertas, sedikit cuka dan beberapa hidrogen peroksida. Selanjutnya basahi salah satu tisu menggunakan cuka. Sedangkan tisu lainnya digunakan membungkus hidrogen peroksida. Kemudian lap talenan kayu dengan tisu yang sudah dibasahi cuka. Setelah itu sapu permukaan yang sudah dilap dengan tisu hidrogen peroksida. Bilas dan keringkan.

Menghilangkan Jamur Pada Talenan Kayu

Nah itulah beberapa cara jitu untuk membersihkan jamur dan kotoran dari talenan kayu. Jika anda rutin membersihkan talenan kayu dengan baik. Tentu talenan kayu bisa bertahan lama dan tidak menyebabkan penyakit.